PENGARUH FAKTOR MIKRO DAN MAKRO EKONOMI TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN

Edi Winarto

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh faktor mikro dan faktor makro ekonomi terhadap harga saham perusahaan makanan dan minuman, baik secara silmultan maupun sendiri-sendiri. Populasi digunakan adalah perusahaan makanan dan minuman 18 yang terdaftar di BEI periode 2015-2019. Sampel teridentifikasi 10 perusahaan dengan eliminasi data menjadi 45 data. Faktor mikro meliputi ROA (Return on Asset), ROE (Return on Equity), Net Profit Margin (NPM); sedangkan faktor makro meliputi inflasi dan kurs rupiah. Hasil penelitian ini akan menujuukan faktor mikro tidak dominan dibanding faktor makro ekonomim dalam pengaruhnya terhadap harga saham. ROA berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham; ROE berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham; NPM berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham dengan hasil yang positif,; Inflasi berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham; Kurs Dolar berpengaruh signifikan terhadap harga saham

Keywords


ROA, ROE, NPM, Inflasi dan Kurs Dolar

Full Text:

PDF

References


Andriana, D. (2015). Pengaruh Nilai Tukar Terhadap Harga Saham setelah Initial Public Offering (IPO). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, Universitas Pendidikan Indonesia, Vol. 3 No. 3.

Dewi, P. D. (2013). Pengaruh EPS, DER, dan PBV terhadap Harga Saham. . Jurnal Akuntansi, Universitas Udayana, Vol. 4 No. 1, Juli.

Fahmi, I. (2012 ). Pengantar Pasar Modal. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, I. (2015). Manajemen Investasi. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Joesoef, J. R. (2008). Pasar Uang dan Pasar Valuta Asing. . Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. (2010 ). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh. . Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Kuncoro, M. (2013 ). Mudah Memahami & Menganalisis Indicator Ekonomi. . Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Nanga, M. (2005 ). Makro Ekonomi Teori, Masalah, & Kebijakan Edisi Kedua. . Jakarta: Raja Grofindo Persada.

Nurwani. (2016). Analisis Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, dan Suku Bunga SBI Terhadap Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, .

Sumatera: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,Vol.16 No.2.

Sugiyono. (2015 ). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tandelilin. (2010). EPortofolio dan Investasi. Yogyakarta: Kanisius. Diakses tanggal 22 November 2016 dari https://books. google.co.id.

Yahya, M. K. ( 2017). Analisis Pengaruh Return On Asset (Roa), Earning Per Share (Eps), Net Profit Margin (NPM), dan Inflasi Terhadap Harga Saham pada perusahhaan Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016. . Skripsi A.

Yuniarti, D. ( 2017 ). Pengaruh Inflasi dan Nilai Tukar Rupiah terhadap Harga Saham Sektor Industri Barang Konsumsi pada Indeks Saham Syariah Indonesia. (ISSI) Tahun 2012-2016. I-Finance, Vol. 1 No.1, Juli.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.