ANALISIS SWOT PADA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI MALANG

Doddy Maulana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: Memperoleh strategi bersaing organisasi yang tepat pada Program Studi D4 Jaringan Telekomunikasi Digital Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang dalam menghadapi Pasar bebas APEC tahun 2022. Metode dalam penelitian ini dimulai dari penetapan visi dan misi, analisis lingkungan eksternal, analisis lingkungan internal, analisis SWOT, pengambilan kebijakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi tingkat organisasional adalah strategi Kompetitif dan Inovatif. Strategi tingkat bisnis yang paling sesuai dengan kondisi Prodi DIV Jaringan Telekomunikasi Digital Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang adalah strategi Diferensiasi, dengan strategi tingkat fungsional meliputi aspek pendidikan dan pengajaran, mahasiswa dan lulusan, penelitian dan pengabdian masyarakat, sistem manajemen pendidikan, sumber daya manusia, keuangan, sistem jaminan mutu serta sarana dan prasarana.

Keywords


SWOT, Strategi, kebijakan, Kompetitif, Inovatif, Diferensiasi, APEC

Full Text:

PDF

References


Maulana, Doddy, 2015, Kajian Analisis Lingkungan Industri pada Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang dalam menghadapi penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN tahun 2015, Jurnal Adbis volume 9 nomor 1 tahun 2015,ISSN 1978-726X,hal.:13– 23

Maulana, Doddy, 2018, Analisis Kebijakan Pada Jurusan Teknik Elektro dengan Menggunakan Matriks MacMillan Dalam Rangka Implementasi Strategi Kompetitif Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, Jurnal Adbis volume 12 nomor 2 tahun 2018, ISSN 1978 - 726X, hal.: 191 – 198

Suwarsono,2008. Manajemen Strategik; Konsep dan Kasus, Edisi 4, Penerbit Akademi Manajemen Program Studi YKPN, Yogyakarta.

Nawawi, Hadari, 2005, Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan Dengan Ilustrasi di Bidang Pendidikan, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/j-adbis.v14i2.96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Adbis: Jurnal Administrasi dan Bisnis