PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT BERPENDAPATAN RENDAH (MBR) DI KOTA MALANG

Andi Asdani, Atika Syuliswati, Bakhrudin Bakhrudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah modal kerja berpengaruh pada pendapatan MBR.
Sampel penelitian adalah MBR di Kota Malang yang menerima bantuan modal berupa dana perguliran. Peneliti melakukan kunjungan ke masing- masing keluarga MBR yang telah dipilih sebagai responden (yaitu 25 orang), untuk dimintai informasi tentang jenis usaha, jumlah modal, perkembangan usaha, pendapatan setiap hari, keuntungan dari usaha dan lain-lain. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Variabel penelitian ini ada dua yaitu modal (X) dan pendapatan (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal kerja berpengaruh terhadap pendapatan MBR, artinya semakin tinggi modal kerja maka akan semakin tinggi pendapatan MBR. Modal kerja yang diperoleh MBR adalah dari pinjaman perguliran antara 2 juta sampai 5 juta dan modal tersebut semuanya telah digunakan sebagai modal kerja (modal usaha), Hal ini memberikan gambaran bahwa, adanya modal kerja yang digunakan sepenuhnya untuk usaha akan memberikan pendapatan yang sesuai.

Keywords


modal kerja, pendapatan

Full Text:

PDF

References


Aprilia, Heny, 2014, Pengaruh bantuan Modal Usaha Produktif Terhadappeningkatan Pendapatanmustahik Pada Baitul Malaceh. Fakultas Dakwah Dan komunikasi universitas islam Negeri Ar-Raniry banda Aceh.

Keputusan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Nomor 25/KEP/MENKO/KESRA/ VII/2007 tentang Pedoman Umum Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri).

Keputusan Menko Kesra No. 25/KEP/ MENKO/KESRA/VII/2007 tentang Pedoman Umum Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri)

Muntari, 2007, Hubungan Antara Besarnya Modal Usaha Dan Kesulitan Pemasaran Dengan Tingkat Pendapatan Pengusaha. Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Arie Sujito,2011.Pokok-Pokok Pikiran Penaggulangan Kemiskinan di Indonesia www. Pergerakan-Indonesia.org, 07 Maret

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Bisnis, Cet.XVI, Bandung: Alfabeta.

Utami, Setyaningsih Sri . 2013, Pengaruh Modal Kerja Terhadap Pendapatan Dengan Lama Usaha Sebagai Variabel Moderasi (Survei Pada Pedagang Pasar Klithikan Notoharjo Surakarta). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 13, No. 2, Oktober 2013: 171 – 180


Refbacks

  • There are currently no refbacks.