SISTEM PENJUALAN KONSINYASI GUNA MENINGKATKAN POTENSI PENJUALAN DAN KELANCARAN PEMBAYARAN PADA UMKM DI KOTA MALANG

Shinta Maharani Trivena, Tri Yulistyawati Evelina, Eko Boedhi Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem penjualan konsinyasi guna meningkatkan potensi penjualan dan kelancaran pembayaran usaha pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Malang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan melakukan surve pada 5 UMKM di Kota Malang yang bergerak dibidang makanan dan minuman.
Hasil penelitian meunjukkan bahwa selama masa Pandemi Covid 19 banyak UMKM mengalami penurunan penjualan konsinyasi, sehingga banyak barang dari komisioner yang dikembalikan. Selain itu, belum adanya dokumen penunjang penjualan konsinyasi menyebabkan potensi ketidaklancaran pembayaran semakin tinggi. Oleh karena itu, diperlukan sebuah perubahan yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut, diantaranya dengan mengubah bentuk produk jadi menjadi produk setengah jadi, memperbaiki kemasan untuk dapat lebih menarik perhatian, melengkapi tanggal kadaluarsa dan PIRT untuk lebih meyakinkan konsumen yang akan membeli produk tersebut, mencari mitra (calon komisioner dengan skala menengah ke atas). Selain itu, diperlukan sebuah peramalan penjualan.

Keywords


Konsinyasi, penjualan,UMKM.

Full Text:

Remote Remote PDF

References


Darmadji, Hadi dan Yuliawati. 2005. Akuntansi Lanjutan Sebuah Perspektif Indonesia. Malang : Banyumedia Publishing.

Jati, Waluyo. 2004. Akuntansi Keuangan Lanjutan Bagian 1. Malang : Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.

Saftaji, Mokhamad. 2012. Tinjauan Prosedur Penjualan Konsinyasi pada Blossom Factory Outlet. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Internet: https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/20/120000469/peran-umkm- dalam-perekonomian-indonesia?page=all, diakses pada 19 Januari 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/j-adbis.v15i2.148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Shinta Maharani Trivena, Tri Yulistyawati Evelina, Eko Boedhi Santoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.