STRATEGI PROMOSI PADA UMKM SWEETYBERRY GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN

Rizky Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi yang diterapkan pada UMKM Sweetyberry.
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Obyek penelitian adalah strategi promosi yang diterapkan oleh UMKM Sweetyberry. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis data dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi, mereduksi data, mengolah data, menganalisis data, membuat pembahasan, dan diakhiri dengan kesimpulan dan saran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi offline yang sudah dilakukan oleh UMKM Sweetyberry adalah melakukan desain kemasan, membuat kartu nama, membuat banner, membuat brosur, membuat spanduk. sedangkan promosi online yang dilakukan adalah promosi melalui website resmi, promosi melalui IG feeds dan Ig Ads, promosi melalui Facebook, promosi melalui marketplace, endorsement. Saran yang dapat diberikan adalah dengan menambah mitra untuk penjualan konsinyasi, promosi melalui Instagram dengan cara giveaway dan aktif memberikan informasi kepada masyarakat mengenai produk Sweetyberry, serta aktif mengingatkan pembeli pada marketplace untuk memberikan bintang 5 dan memberikan review positif.

Keywords


Promosi, Sweetyberry, Kecantikan

Full Text:

Remote PDF

References


Anoraga, Pandji. 2009. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Kotler, Philip Dan Amstrong, Gary. 2014. Principles Of Marketing. 12th Edition. Jilid 1. Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. A.Hamdani,. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.

Swastha, Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Tjiptono, F., & Diana, A. 2015. Pelanggan Puas? Tak Cukup! Plus: Contoh Spesifik Riset Kepuasan Dan Ketidak Puasan Pelanggan, Strategi Mewujudkan Kepuasan Pelanggan. Yogyakarta: CV Andi Offset

_________. 2000. Strategi Pemasaran, Cet. Ke-II. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/j-adbis.v15i2.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rizky Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.