PILIHAN PRODUK HALAL MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI MALANG

Fadloli Fadloli, Widaningsih -, Abdul Chalim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar pilihan produk halal bagi mahasiswa Polinema, bagamana pilihan konsumsi produk berlabel halal serta dampak konsumsi halal terhadap keberkahan hidup..
Pendekatan penelitian ini kualitatif deskriftif. Sumber data adalah mahasiswa Administrasi Niaga dan Akuntansi. Data diperoleh dengan mengunakan kuesioner secara online. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggarbarkan fenomena yang utuh.
Dari analisis data diperoleh gambaran, bahwa mahasiswa Politeknik Negeri Malang memiliki pemahaman konsep dasar halal sangat baik yang meliputi halal jenisnya, proses dan penyajiannya. Mahasiswa menyukai dan lebih mengkonsumsi produk yang berlabel halal karena bisa menenangngkan hati, mencerdaskan pikiran dan berdampak pada keberkahan hidup. Akhirnya disimpukan, bahwa pilihan produk halan menjadi gaya hidup mahasiswa, dimulai dengan pemahaman hakikat konsep halal yang utuh sehingga menjadikan label halal menjadi pilihan produk yang dikonsumsi serta akan berdampak pada kecerdasan dan keberkahan hidup.

Keywords


Pilihan, Produk Halal, Mahasiswa

Full Text:

210-218 PDF

References


Adiba, E,M., Wunadari, D.A., (2018) Pengaruh Halal Knowledge, Islamic religiosity, dan Attitude terhadap behaviour konsumen muslim generasi Y pengguna kosmetik halal Surabaya, INOBIS Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, Vol.1.3. hal.357

Astusi, Mirsa (2020), “Pengembangan Produk Halal Dalam Memenuhi Gaya Hidup Halal (Halal Lifestyle)”, IURIS STUDIA: Jurnal Kajian Hukum Vol 1. No. 1, Pages 14-20.

Mujammak Malik Asysyarifah (1418 H) Al-Quran dan Terjemahan. Madina.

Fadloli, dan Tim, 2018. Pendidikan Agama Islam Pada PTU. Malang, Aditya Press

Rakhmat, Jalaluddin, (2003). Islam Aktual. Bandung. Mizan

Sabar, S.S., dan Ibrahim, S.B. (2014). “The Knowledge of halal and advertising influence on young muslim awareness”. Internasional prosiding of economics development and Reseach. Vol. 73: 36-39

Sangaji, E.M., dan Sopiah (2013) Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Andi

https://mui.or.id/berita/halal-mui/28243/penting nya-menjaga-gaya-hidup-halal-di-tengah-pandemi/ minuman, juga obat-obatan.

https://travel.tempo.co/read/1488990/bortiks-detektor-makanan-pendukung-wisata-halal-buatan-mahasiswa-polinema/full& view=ok

https://republika.co.id/berita/q5kceo430/bagaimana-menerapkan-gaya-hidup-halal

Pornamawati, Diana, E.K., dan Zaini, Ahmad (2020) Pengaruh Label Halal Dan Citra Merek Terhadap keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Kosmetik Di Kalangan Mahasiswa Prodi D3 Administrasi Bisnis Dan Prodi D4 Pemasaran Politeknik Negeri Malang). Vol.1.No.1 https://prosiding.polinema. ac.id/sngbs/index.php/ snamk/ article/ view/280

Riwajanti, Nur Indah., Anik Kusmintarti, Fadloli (2019) Exploring Religiosity and Halal Life Style. Prosiding AMBEC. Advances in Economics, Business and Management Research, volume 136




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/j-adbis.v15i2.135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fadloli Fadloli, Widaningsih -, Abdul Chalim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.