ANALISIS FAKTOR SIKAP SOSIAL, MOTIVASI, KEAKTIFAN PELAKSKANAAN PROJECT BASE LEARNING MANAJEMEN PEMASARAN

Suryadi Suryadi, Ludfi Djajanto, Yunia Afiatin

Abstract


Tujuan penelitian adalah faktor-faktor apa yang dominan model pembelajaran project base learning. Metode penelitian ini adalah “Four-D”, Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dan teknik Pengumpulan data menggunakan metode observasi, Pembelajaran (Project Based Learning), metode tes pretest & post test, serta metode angket. Teknik analisis data Analisis Faktor. Temuan sikap sosial, motivasi dan keaktifan sebagai variabel penentu prestasi untuk mana 75 pernyataan dengan urutan kepentingan (1) Sikap sosial sejumlah 25 item pertanyaan nilai loading faktor antara 0,5 s.d 0,89 (2) Motivasi sejumlah 12 item pertanyaan nilai loading factor antara 0,60 s.d 0,80 (3) Keaktifan sejumlah 4 item pertanyaan dengan nilai loading factor antara 0,56 s.d 0,63. Pembelajaran Project Based Learning cocok untuk vokasional.

Keywords


Analisis Faktor, Project based learning, Marketing, Perilaku

Full Text:

154-162 PDF

References


Antonius Widi Hardianto 2019, Analisis Stimulus-Organism-Response Model Pada “Dove Campaign For Real Beauty” 2004 – 2017; jurnal Transaksi Vol. 11, No. 1 Mei 2019, ISSN 1979-990X-

Ludfi Djajanto, 2020. Desain Model Blended Learning Terintegrasi Dengan Problem Based Learning dan Practice Rehearsal Pairs Untuk Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Manajemen Pemasaran. Advances in Economics, Business and Management Research, volume 183 Proceedings of 2nd Annual Management, Business and Economic Conference (AMBEC 2020)

Dwi Okti Sudarti; Kajian Teori Behavioristik Stimulus Dan Respon Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa” Jurnal Tarbawi Vol. 16. No. 2. Juli – Desember 2019 ISSN : 2088-3102

Mardapi Djemari dan Setiawan Ari 2018, Penilaian Efektif, Yogyakarta, Perama Publising.

Ruhimat Mamat dan Yani Ahmad (2015), Teori dan Implementasi Pembelajaran Santifik Kurikulum 2013. Bandung, Fefika

Sugiyono 2013. Metode Penelitian Manajemen: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi. Bandung. Alfbeta . 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryadi, 2020, Implementation of Discovery Learning factor analysis in transforming learning achievement through Stimulus Organism Response theory, Malang, Advances in Economics, Business and Management Research, volume 183 Proceedings of 2nd Annual Management, Business and Economic Conference (AMBEC 2020)

_______.2020. Pengembangan e-Modul berbasis Model Pembelajaran Saintifik Tipe Discovery Learning Untuk Meningkatkan Perubahan Sikap dan Hasil Belajar Aplikasi Komputer Bisnis. Malang, Jawa Timur: Polinema.

_______.2021 Analisis Faktor Sikap Sosial, Motivasi, Keaktifan Pelaksanaan Project Base Learning Manajemen Pemasaran. adbis Jurnal Administrasi dan Bisnis

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/j-adbis.v15i2.129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suryadi Suryadi, Ludfi Djajanto, Yunia Afiatin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.