DETERMINAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PERBANKAN SYARIAH PERIODE 2015-2019

Zainul Arifin, Milatul Khoyimah

Abstract


Islamic Social Reporting (ISR) merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada para pemangku kepentingan yang tidak hanya menekankan aspek kepedulian sosial yang terkait dengan lingkungan, tetapi juga memperhatikan kesejahteraan masyarakat, terutama masalah yang berkaitan dengan bagi hasil dan praktik perdagangan yang adil. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan dan leverage terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK periode 2015-2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas yang menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya ukuran perusahaan yang berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan ISR perbankan syariah, sedangkan profitabilitas, likuiditas dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan ISR perbankan syariah.

Full Text:

118-126 PDF

References


Affandi, H., & Nursita, M. (2019). Profitabilitas , Likuiditas , Leverage , dan Ukuran Perusahaan : Sebuah Analisis Islamic Social Reporting ( ISR ) pada Perusahaan yang Terdaftar di JII. 16(1), 1–11.

Apriyanti, N. M. W., & Budiasih, I. G. A. . (2016). Profitabilitas Dan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan High Dan Low Profile. 14(2), 977–1004.

Clarkson, M. B. E. (1995). A Stakeholder Framework for Analyzing and Evaluating Corporate Social Performance Author. The Academy of Management Review, 20(1), 92–117.

Dendawijaya, L. (2005). Manajemen Perbankan (kedua). Ghalilea Indonesia.

Dusuki, A. W., & Dar, H. (2005). "Stakeholders’ perception of corporate social responsibility and its implications for Islamic banking business in Malaysia" International Conference on Doing Business in Islamic Asia, Kuala Lumpur, June, 21-23.

Fitri, A., & Mukhibad, H. (2019). Determinan Luas Islamic Social Reporting Disclosure. 7, 224–239.

Fitria, S., & Hartanti, D. (2010). Studi Perbandingan dan Pengungkapan Berdasarkan Global Reporting Initiative Indeks dan Islamic Social Reporting Indeks’. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto, 1 -33. Simposium Nasional Akuntansi Purwokerto, 13, 2010.

Ghozali, I., & Chariri, A. (2007). Teori Akuntansi. Universitas Diponegoro.

Hadi, N. (2011). Corporate social responsibility (Issue July). Graha Ilmu.

Hameed, S., & Mohamed, B. (2015). Shariah Auditing in Islamic Financial Institutions : Exploring the Gap Between Shariah Auditing in Islamic financial institutions : Exploring the gap between the “ desired ” and the “ actual .” October 2009.

Harahap, S. S. (2018). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan (14th ed., p. 465). Rajawali Pers.

Kasih, A. M. (2017). Faktor-Faktor Yang

adbis Jurnal Administrasi dan Bisnis, Volume 15, Nomor 2, Des 2021, ISSN 1987-726X eISSN2715-0216

Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting. Occupational Medicine, 53(4), 130. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1971

Maulina, R., & Iqramuddin. (2019). Pengaruh Likuiditas, Financial Leverage, Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal AKBIS, 3(1), 57–72.

Megawati, N., Yuniarta, G. A., & Sinarwati, N. K. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kinerja Lingkungan, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Isr) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (Jii) Periode Tahun 2012-2014.

JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 4(1), 4–5.

Mitasari, R. (2014). Rasio keuangan, size bank dan dewan pengawas syariah sebagai penentu pengungkapan Islamic social reporting di bank umum syariah milik BUMN dan bank …. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1971

Nadifiyah, N. F., & Laila, N. (2017). Analisis Pengaruh Kinerja Perusahaan Terhadap Pengungkapan ISR Bank Umum Syariah Tahun 2010-2014. Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 4(1), 44–61.

Othman, R. (2009). Determinants of Islamic Social Reporting Among Top Shariah -Approved Companies in Bursa Malaysia. May 2015.

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (10th ed.). Rajagrafindo Persada. http://www.rajagrafindo.co.id/produk/metode-penelitian-kuantitatif-bambang-prasetyo/

Prasetyoningrum, A. K. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Efisiensi Biaya, Dan Umur Perusahaan Terhadap Islamic Social Reporting (Isr) Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. 2(2), 147–162.

Ramadhani, D. B. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaanpada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2017-2019. FB Universitas Katolik Widya Mandala.

Rizkiningsih, P. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) : Studi Empiris pada Bank Syariah di Indonesia, Malaysia dan Negara Gulf Cooperation Council.

Rosiana, R., & Arifin, B. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan , Profitabilitas , Leverage , dan Islamic Governance Score Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting ( Studi Empiris pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2010-2012 ). 15408.

Sasmita, E. N. (2018). Analisis pengaruh Islamicity Performance Index, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Skripsi.

Susanti, E., & Nurhayati, P. (2018). FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan-Perusahaan Yang terdaftar Pada Indeks Saham Syariah. 2(2), 356–368.

Swastiningrum, D. (2013). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, Leverage dan Tipe Kepemilikan Terhadap Islamic Social Reporting Laporan Tahunan Yang Terdapat Pada Perbankan Syariah Periode 2010-2012.

Taufik, Widianti, M., & Rafiqoh. (2015). Pengaruh Islamic Governanca Score, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap IslamicSocial Reporting Index Pada Bank Umum Syariah di Indonesia. 13, 177–198.

Vionita, V., Pratama, F., Telkom, U., & Ekonomi, F. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan , Umur Perusahaan , dan Investment Account Holder terhadap Pengungkapan Islamic Corporate Social Responsibility ( Studi kasus pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) Tahun 2016-2019 ). 5(2), 193–212.

Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR: Corporate Social Responsibility. Seri Manajemen Berkelanjutan, 163.

Widarto. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR).

Wulandari, F. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kinerja Lingkungan, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporing. FEB Universitas Muhammadyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/j-adbis.v15i2.125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zainul Arifin, Milatul Khoyimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.