ANALISIS SEGMENTATION, TARGETING, DAN POSITIONING MELALUI STRATEGI PEMASARAN DI PT GIJUTSU DIGITAL INDONESIA

Ali Lating, Mohammad Hikmatul Qubro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran PT. Gijutsu Digital Indonesia yang mencakup segmentation, targeting, dan positioning.
Penelitian ini menngunakan jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yakni pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya segmentation yang dilakukan yaitu pemetaan wilayah ditujukan untuk perumahan menengah yang diawali dengan wilayah GERBANGKERTOSUSILO (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan). Selanjutnya targeting perusahaan melalui perumahan yang langsung diawali dengan bernegosiasi dengan developer. Positioning perusahaan menggunakan strategi endorsement positioning yaitu menekankan dukungan dari para ahli dan selebritis.

Keywords


Strategi Pemasaran, Segmentation, Targeting, Positioning

Full Text:

97-107 PDF

References


Adriana dan Chandra Tjiptono, (2008), Brand Manajemen dan Strategi. Yogyakarta. Elex Media Komputindo

Astina, S.T., Sunarti, Mawardi, M.K., (2016). Analisis Segmentatio, Targeting, dan Positioning Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Melalui Strategi Pemasaran di Toko Pia Cap Mangkok Cabang Semeru.

Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol 39, No 2, Oktober 2016, hal. 57-66

Charles E, Bamfor. (2010). Strategy: Sustainable Advance and Performance. Canada: South Western Cengage Learning

Kasali, Rhenald. (1998). Segmentasi, Targeting dan Positioning. Gramedia Pustaka Utama.

Kirk, J. & Miller, M. L., (1986). Reliability and Validity in Qualitative Research, Beverly Hills, CA, Sage Publications.

Lexy J. Moleong, 2011, Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung, PT Remaja Rosdakarya,

Stem Z. 1 Maret 2018. “Smart Home”. Nextgen Innovation Portal

Tjiptono, F.,. Chandra, G.,. Ardiana, D.,. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: C.V Andi Offest

Wibowo, D.H., Arifin, Z., Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol 29, No 1, Desember 2015. Hal. 59-66

Yurmama, Fajar, Tri. (20 Juni 2009). “Perancangan Software Aplikasi Pervasive Smart Home”, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), ISSN: 1907-5022




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/j-adbis.v15i2.122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ali Lating, Mohammad Hikmatul Qubro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.